Jenis-jenis penyakit menular

Jenis-jenis penyakit menular

Jenis-jenis penyakit menular pada manusia ada bermacam-macam seperti penyakit influenza, TBC, Cacar air dan banyak lagi. cara penularanya juga bermacam-macam. bisa menular melalui ludah, darah, udara atau juga bisa melalui sentuhan kulit.

Pada artikel ini saya akan membahas tentang jenis-jenis penyakit menular pada manusia. penyakit menular ini ada yang berbahaya dan ada juga yang ringan. untuk lebih jelasnya silahkan baca keteranganya di bawah ini.

Jenis-jenis Penyakit Menular

Jenis-jenis penyakit menular
1. Hepatitis
Penyakit menular pertama yaitu Hepatitis. biasanya penyakit ini menular karena disebabkan faktor lingkungan sekitar anda yang kurang bersih sehingga menimbulkan Virus atau bakteri yang menyebabkan anda terinfeksi Hepatitis. penyakit hepatitis ini biasanya menginfeksi pada organ hati manusia. jika manusia tersebut terserang Hepatitis maka kemungkinan bisa menyebarkan atau menularkan penyakit hepatitis tersebut ke orang lain.

Cara penularan penyakit ini yaitu bisa melalui ludah, kulit, jarum suntik, alat tatto atau juga bisa menular melalui pakaian yang di pakai bersama dengan si penderita. untuk mencegah terjadinya penyakit ini maka yang harus anda lakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan, hindari menggunakan barang/pakaian bersama orang lain atau orang yang belum anda kenal, berhati-hatilah jika memakai jarum suntik atau transfusi darah dengan orang yang belom di ketahui bebas penyakit tersebut.


Jenis-jenis penyakit menular

2. AIDS
AIDS atau bisa juga di sebut Acquired Immuno Deficiency Syndrome adalah penyakit yang sangat berbahaya bahkan penyakit ini dapat menyebabkan kematian. cara kerja penyakit ini yaitu menyerang sel darah putih sehingga mudah terinfeksi berbagai penyakit karena sel darah putih yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh menjadi lemah, sehingga daya tahan tubuh anda menjadi semakin lemah.

Cara penularan penyakit ini yaitu melalui hubungan badan dengan orang yang terinfeksi AIDS, melalui ludah, yang lebih berbahaya lagi penyakit ini dapat di tularkan oleh ibu hamil kepada bayinya yang masih dalam kandungan. untuk menghindari terjadinya penularan hindarilah kontak langsung dengan penderita AIDS misalnya makan atau minum dalam satu tempat, hindari lah kebiasaan buruk bergonta ganti pasangan dan sex bebas.


Jenis-jenis penyakit menular

3. Rabies
Rabies adalah virus yang di tularkan oleh hewan seperti Anjing, Kucing dan Kera. virus ini akan menyerang system syaraf pusat sehingga membuat anda terinfeksi rabies. cara penularan penyakit ini yaitu melalui gigitan anjing,kucing atau kera yang terinfeksi penyakit rabies. untuk mencegah terjadinya rabies pada diri anda rawatlah hewan anda dengan baik sehingga kebersihan hewan anda terus terjaga dan tidak menimbulkan munculnya virus rabies.


Jenis-jenis penyakit menular

4. Demam Berdarah Dengue
Demam berdarah dengue atau biasa di sebut DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk betina aedes aegepty. nyamuk ini akan menyebarkan virus Dengue melalui gigitanya pada manusia sehingga manusia tersebut mengalami beberapa penyakit seperti turunya trombosit, munculnya bintik-bintik merah, demam yang tinggi, dan juga terasa nyeri pada persendian. 

Cara pencegahan penyakit ini adalah selalu rajin membersihkan kamar mandi, membuang sampah dengan benar, jangan buang sampah sembarangan karena jika sampah tersebut terisi air nyamuk akan menjadikan sampah tersebut sebagai sarang untuk bertelur.


Jenis-jenis penyakit menular

5. Cacar Air
Penyakit cacar air biasanya di tandai dengan kulit melepuh, bintik-bintik merah pada kulit dan terasa gatal. penyakit ini sebabkan oleh virus varicella zosteryang yang mempunyai masa inkubasi selama tiga minggu. cara penularan penyakit ini yaitu melalui kontak langsung dengan penderita seperti melalui sentuhan kulit, memakai barang bersama-sama dan juga melalui udara seperti bersin, batuk atau yang lainya.


Jenis-jenis penyakit menular

6. Campak jerman / Rubella
Penyakit campak jerman biasanya menyerang remaja anak-anak yang tertular penderita Rubella melalui udara seperti bersin-bersin dan batuk. penyakit ini biasanya di tandai dengan demam yang tinggi, mual dan muntah, hidung tersumbat, membengkaknya kelenjar getah bening, nyeri sendi, dan juga sering terjadi ruam pada kulit.

Pencegahan penyakit ini yaitu dengan cara menjaga kebersihan tempat tinggal, menjaga kebersihan diri sendiri, jauhi kontak langsung dengan penderuta rubella, jangan menggunakan barang secara bersama-sama, dab gunakan masker bila keluar rumah.


Jenis-jenis penyakit menular

7. Panu
Penyakit jenis ini tergolong penyakit menular yang ringan namun penyakit ini membuat penampilan kita semakin menurun karena penyakit ini menyebabkan kulit anda mimiliki bercak-bercak putih. penularan penyakit ini biasanya melalui sentuhan kulit langsung dengan penyakit si penderita dan memakai baju bersama-sama. untuk pencegahanya yaitu jagalah kebersihan pakaian anda, mandi secara teratur, hindari memakai handuk orang lain dan jangan memakai baju bersama orang lain.

0 Response to "Jenis-jenis penyakit menular"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda